Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan Telegram terlalu banyak mencoba? Biasanya notifikasi Terlalu Banyak Mencoba seringkali muncul saat Telegram hendak digunakan. Tujuan adanya notifikasi ini sebenarnya terkait dengan sistem keamanan Telegram. Namun, bagaimana cara mengatasi Telegram terlalu banyak mencoba?

Kemunculan notifikasi bertuliskan Telegram terlalu banyak mencoba memang cukup mengganggu para pengguna. Error ini biasanya terjadi jika kalian telah mencoba login beberapa kali ke akun Telegram namun tidak bisa.

Biasanya penyebabnya dikarenakan sistem keamanan Telegram yang sedang bermasalah. Sama halnya dengan Google, aplikasi Telegram juga telah memberlakukan sistem pembatasan keamanan, tujuannya adalah agar yang mengakses akun Telegram adalah pengguna akun itu sendiri.

Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Tutorial Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Jika kalian mengalami masalah saat log in ke akun Telegram, maka simak cara mengatasi Telegram terlalu banyak mencoba di bawah ini :

1. Menghapus Cache

Permasalahan pada Telegram yang terlalu banyak mencoba sebenarnya tidak sulit di atasi. Karena kalian masih belum masuk ke aplikasi Telegram, sehingga menghapus cache merupakan solusi yang tepat :

  • Masuk ke pengaturan.
  • Pilih manajemen aplikasi.
  • Temukan aplikasi Telegram.
  • Pilih opsi Penggunaan Memori dan hapus cache.

Kalian juga bisa menghapus data cache Telegram lewat aplikasinya secara langsung. Ini caranya :

 

  • Masuk ke opsi pengaturan pada aplikasi Telegram.
  • Silahkan pilih Data dan Penyimpanan.
  • Pilih Pemakaian Penyimpanan.
  • Jika sudah, usap layar ke bawah dan klik Bersihkan cache.
  • Selanjutnya akan muncul pop under, klik Bersihkan cache.

2. Memperbarui Aplikasi

Cara mengatasi telegram terlalu banyak mencoba selanjutnya adalah dengan memperbarui aplikasi Telegram. Melalui pembaruan aplikasi ini, selain bisa mendapatkan fitur terbaru juga membuat aktivitas di Telegram lebih lancar. Begini cara memperbarui aplikasi Telegram :

  • Buka aplikasi Google Play Store pada perangkat.
  • Lihat di samping kanan bagian atas pada profil kalian, klik profil tersebut.
  • Akan muncul halaman profi dalam bentuk jendela pop up. Silakan klik opsi ‘Kelola Aplikasi & Perangkat’.
  • Di halaman Kelola Aplikasi & Perangkat, lihat pada bagian Update tersedia, kalian akan menemukan 2 opsi yaitu Update Semua dan Lihat Detail. Karena tujuannya hanya ingin update aplikasi Telegram saja, berarti klik pilihan ‘Lihat Detail’.
  • Selanjutnya akan ditampilkan halaman daftar aplikasi yang harus diupdate.
  • Cari aplikasi Telegram dan tekan update di sebelahnya.
  • Tunggui beberapa saat hingga proses update selesai.
  • Setelah selesai, silakan buka Kembali Telegram yang terbaru.

3. Restart HP

Jika masih belum bisa memecahkan masalah Telegram error karena terlalu banyak mencoba, silahkan restart Hp. Berikut tutorialnya :

  • Silahkan tekan power cukup lama di perangkat hp kalian.
  • Setelah itu, akan muncul 2 pilihan, restart hp dan matikan. Pilih restart hp untuk memuat ulang.
  • Tunggu beberapa saat sampai perangkat hp kalian merestart dan Kembali ke dalam posisi standbye.
  • Sekarang cobalah untuk membuka Telegram Kembali, kini aplikasi Telegram kalian normal kembali.

Salah satu kelebihan dari restart hp yaitu akan mengembaliklan sistem yang ada di dalamnya bisa kembali normal. Hal ini dikarenakna fungsi dari restart hp, sama seperti refresh hp termasuk di dalamnya sistem, jaringan, dan lain sebagainya.

4. Cek Koneksi Internet

Aplikasi Telegram merupakan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet stabil. Jika koneksi internet tidak stabil maka akan sulit mengakses aplikasi Telegram. Sehingga bisa menimbulkan error dengan muncul notifikasi “Telegram terlalu banyak mencoba”.

Sebaiknya pastikan jaringan internet kalian stabil, baik memakai akses wifi maupun data seluler.

Menggunakan Aplikasi Speedtest

 

Kalian bisa mengecek ketersediaan jaringan dengan cara memakai aplikasi Speedtest, silahkan unduh di Google Play Store maupun App Store. Tidak perlu lama menunggu koneksi internet stabil, biasanya sekitar 12 jam paling lama.

5. Memakai Aplikasi VPN

Solusi cara mengatasi Telegram terlalu banyak mencoba selanjutnya adalah dengan mengandalkan aplikasi VPN. VPN ini nantinya akan mengubah jaringan ke proxy dari IP.

Ada beberapa VPN yang bisa kalian coba, diantaranya VPN Master, Turbo VPN, Thunder VPN dan 1.1.1.1 : Faster & Safer Internet.

Misalnya, kalian memakai aplikasi VPN Master. Kalian hanya perlu mengunduh VPN Master Apps di Play Store terlebih dahulu, kemudian silahkan tunggu sampai instalasi selesai. Jika sudah, kalian bisa ikuti tahapan di bawah ini :

  • Masuk ke VPN Master Apps, lalu tekan Mulai.
  • Ketika digunakan pertama kali, maka akan muncul pemberitahuan permintaan untuk menyambungkan VPN, ekan OK.
  • Silahkan tunggu selama beberapa saat, jika tombool MULAI menjadi TERHUBUNG ini artinya VPN siap dipakai.

5. Tingkatkan Ketersediaan Memori Internal

Space yang penuh pada memori internal dapat mengganggu aktivitas hp menjadi lebih lemot, karenanya bisa menjadi tidak maksimal. Memori internal merupakan tempat untuk penyimpanan video, fokumen, foto dan lainnya.

Apabila space pada memori internal hampir habis atau tinggal sedikit, maka bisa jadi masalah ini termasuk penyebab Telegram mengalami error. Silahkan hapus beberapa berkas file atau aplikasi yang tidak terlalu penting untuk mengosongkan ruang memori penyimpanan.

Dengan demikian, kinerja pada aplikasi dapat bekerja normal kembali serta di Telegram tidak akan muncul peringatan error pada Telegram.

Oleh karena itu, agar selalu cek rutin terutama memori internal yang harus memiliki ruang yang tersedia setidaknya 20 % dari total memori internal hp.

6. Menunggu Proses Downtime

Tidak jarang, sistem Telegram juga mengalami maintenance selama beberapa waktu. Sehingga bisa menyebabkan akun atau aplikasi Telegram kalian sulit dibuka.

Saat maintenance biasanya proses login ke dalam aplikasi Telegram menjadi terganggu. Seandainya kalian memaksa login, maka sistem akan mengeluarkan peringatan bahwa kalian terlalu banyak mencoba aplikasi Telegram.

Silahkan tunggu selama 1- hari sampai aplikasi Telegram mengizinkan untuk melakukan login kembali.

7. Cek Sisa RAM di Smartphone

Cara mengatasi Telegram terlalu banyak mencoba selanjutnya adalah dengan mengecek ketersediaan RAM. Jika ukuran RAM besar, maka kinerja aplikasi Telegram menjadi lancar.

Apabila RAM di perangkat hp kalian penuh, maka kalian harus mengeluarkan seluruh aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

Tujuannya yaitu supaya aplikasi dapat bekerja normal kembali seperti biasanya. Supaya tetap nyaman dalam berkomunikasi, maka kalian tinggal memilih hp yang setidaknya mempunyai RAM besar, agar bisa dimasuki aplikasi dengan leluasa.

8. Install Ulang Telegram

Jika semua cara di atas masih belum bisa menyelesaikan masalah Telegram yang error, kalian bisa mencoba solusi lainnya dengan menginstall ulang Telegram. Silahkan copot pemasangan aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Jika sudah, silahkan insall kembali dengan mendownloadnya di Play Store. Ini sebenarnya merupakan cara efektif dalam mengatasi error pada Telegram.

Mengatasi error pada Telegram memang cukup mudah dilakukan, kalian hanya perlu mengikuti tutorial di atas. Masalah ini tidak akan mengganggu aktivitas kalian lagi saat hendak masuk atau login ke aplikasi Telegram.

Cukup identifikasi error yang terjadi pada Telegram, kemudian pilih salah satu cara mengatasi Telegram terlalu banyak mencoba di atas. Semoga membantu!

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

2 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

5 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

7 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago