Cara Mengetahui Merk Laptop

Ada banyak pilihan laptop yang bisa kalian miliki dengan beberapa keunggulan yang dapat dimanfaatkan. Beberapa diantaranya ada merk Dell, ASUS, HP, ACER, MSI, Apple dan lainnya. Saat hendak membeli laptop, hal yang pertama kali dilakukan adalah memilih laptop berdasarkan merknya. Karena itu, penting untuk mengetahui cara mengetahui merk laptop dengan benar.

Setiap laptop juga menawarakan performa yang berbeda. Selain itu, ada beberapa jenis laptop tertentu yang dibutuhkan untuk aktivitas ringan. Ada juga yang dapat melakukan berbagai aktivitas berat, sehingga bisa digunakan untuk aktivitas multitasking. Oleh karena itu, penting untuk mengecek spesifikasi laptop termasuk cara mengetahui merk laptop. Mengingat setiap merk menawarkan spesifikasi dan keunggulan yang berbeda.

Cara Mengetahui Merk Laptop

Tutorial Mengetahui Merk Laptop

Tutorial Mengetahui Merk Laptop dengan Benar

Ketika melakukan pembelian laptop, pastikan mengetahui merk dan tipe laptop dengan benar. Begini tutorial cara mengetahui merk laptop :

Metode 1 : Mengetahui Merk Laptop Pada Body Laptop

Metode pertama yang dapat kalian coba untuk mengetahui merk laptop yaitu dengan melihat bagian body laptop. Berikut panduannya :

1. Bagian Depan Layar

Secara umum merk laptop akan tersedia berupa tulisan merknya yang berada di bagian depan dekat layar. Kalian akan segera menemukan merk tersebut di bagian bawah layar dengan posisi di tengah nya. Sebagai Contoh untuk merk laptop ASUS, maka kalian akan melihat merk ASUS di depannya, seperti gambar di bawah ini!

2. Bagian Belakang Body Layar

Ada beberapa merk laptop yang justru nama merknya tertulis di belakang body layar. Contoh laptop dengan merk yag muncul di belakang body layar yaitu Lenovo.

3. Dekat Keyboard

Selain di bagian depan atau belakang body layar, ada juga merk laptop yang tertulis pada body dekat dengan kerboard, contohnya bisa kalian lihat pada merk Lenovo.

4. Bawah Body Laptop

Satu lagi yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui merk laptop adalah dengan melihat pada bagian bawah body laptop. Untuk bagian ini biasanya semua laptop akan tersedia dalam bentuk stiker yang di satukan beserta informasi lainnya termasuk informasi garansi.

Keempat bagian di atas bisa kalian lakukan untuk mengetahui merk laptop di semua jenis merk laptop. Sebenarnya selain cara di atas bisa dilakukan juga dengan menggunakan tools yang ada pada laptop. Hanya saja cara ini kurang begitu efektif mengingat pada body laptop pun sudah bisa diketahui merk laptop.

Metode 2 : Mengetahui Merk Laptop Dengan Tools Bawaan

Cara mengetahui merk laptop lainnya selain melalui body laptop adalah memakai tools bawaan. Memang kelemahannya kurang begitu efektif dilakukan karena harus membuka beberapa tools tertentu terlebih dahulu. Akan tetapi, kelebihannya selain bisa melihat merk laptop, juga bisa melihat informasi lainnya terkait spesifikasi laptop lainnya. Begini tutorialnya :

1. Menggunakan Menu System Information

Tools pertama yang bisa digunakan untuk melihat merk laptop beserta dengan informasi lainnya bisa menggunakan System Information. Di sana akan ada banyak informasi mulai dari spesifikasi laptop, system operasi yang digunakan, dan informasi penting lainnya. Caranya cukup mudah, yaitu :

  • Tekan tombol Windows kemudian buka start menu.
  • Lalu klik opsi ‘System Information’.

 

  • Dalam menu sistem informasi, silahkan cek system model.

2. Menggunakan CMD

CMD singkatan dari Command Prompt, yaitu sebuah tools yang sangat bergunadalam pengaturan sistem, menganalisa kondisi hardware pada laptop, dan bisa melihat history wifi yang digunakan.

Selain itu, kalian juga akan mengetahui tipe laptop dengan menggunakan CMD ini. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini agar bisa segera diketahui mengenai informasi laptop beserta tipe laptop yang kalian gunakan :

  • Buka CMD pada laptop dengan cara klik start lalu cari pada kolom pencarian dengan ketik : CMD. Atau jika ingin cara yang lebih mudah bisa menggunakan cara yang kedua yaitu : tekan Win + R pada keyboard. Setelah itu, pada kolom pencarian ketik cmd. Dengan begitu jendela tool cmd akan muncul pada layar laptop.
  • Lalu, pada jendela CMD silakan untuk ketik : systeminfo.

  • Setelah itu tekan tombol Enter pada keyboard.
  • Tunggu beberapa saat hingga informasi mengenai laptop akan muncul pada layar CMD.
  • Untuk melihat merk laptop dan tipenya, lihat pada bagian system manufacturer dan system model.

3. Menggunakan DXDIAG

DXDIAG adalah kepanjangan dari DirectX Diagnostic yang berfungsi untuk mengetahui berbagai kondisi software dan hardware pada laptop. Di halaman depan  tool DXDIAG ini akan memperlihatkan informasi seputar laptop.

Salah satunya terdapat informasi mengenai merk laptop yang bisa kalian lihat pada bagian System manufacturer dan pada bagian System Model. Berikut cara mengetahui merk laptop melalui DXDIAG berikut ini :

  • Tekan kembali perintah Win + R pada keyboard untuk membuka tool Run.
  • Pada kolom pencarian, ketik : dxdiag. Setelah itu, tinggal klik enter pada keyboard atau klik OK pada layar dan tunggu beberapa saat hingga jendela tool ini muncul pada layar laptop.

  • Setelah tools dxdiag muncul pada layar, lihatlah pada bagian tab system. Di sana akan ada informasi mengenai system manufacturer dan system model. Selain itu, ada juga informasi lainnya mengenai kondisi perangkat laptop yang sedang digunakan.

Bagi yang ingin menyimpan seluruh informasi dari laptop tersebut, kalian bisa menyimpannya dengan cara klik : save all information. Posisi dari tombol ini berada di bagian paling bawah dekat dengan tombol exit. File tersebut nantinya akan berbentuk dalam ekstensi txt.

4. Menggunakan PowerShell

Cara mengetahui merk laptop dengan mudah lainnya adalah dengan memakai Windows PowerShell. Tool ini hampir mirip dengan cmdCMD, hanya saja kalian bisa mendapatkan tool ini pada Windows versi 8 ke atas. Namun selebihnya cara pengoperasiannya mirip dengan command prompt. Adapun caranya bisa kalian ikuti di bawah ini :

  • Tekan perintah Win + R pada keyboard.
  • Setelah muncul, silakan untuk memanggil tool nya dengan cara ketik : powershell.
  • Tunggu beberapa saat hingga tool tersebut muncul pada layar laptop dengan ciri tampilan layar dari tool ini berwarna biru.
  • Kemudian, kalian cukup ketik : systeminformation, lalu enter.

  • Powershell akan merespon permintaan kalian, setelah itu akan muncul pada layar mengenai informasi seputar laptop yang dipakai termasuk inormasi mengenai merk laptop. Kalian bisa melihatnya pada bagian system manufacturer, system model, dan system type.
  • Jika ingin menyimpannya, cukup select area yang akan di simpan, lalu tekan pada keyboard : Ctrl + C untuk copy data, dan Ctrl + V untuk paste data dengan menyimpannya bisa pada office, notepad, dan lain sebagainya.

Baik cara pertama hanya dengan melihat body laptop maupun cara kedua dengan menggunakan sistem dan tools yang terdapat pada perangkat laptop. Kedua metode cara mengetahui merk laptop di atas dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan kalian. Dengan mengetahui tipe dan merk laptop, kalian tinggal mempelajari spesifikasi yang ada di dalamnya!

 

Recent Posts

Cara Menggunakan Lazada Paylater Update Mei 2024

WIGATOS.com | Lazada Paylater adalah salah satu fitur yang ditawarkan oleh platform e-commerce Lazada untuk… Read More

4 days ago

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

2 weeks ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 weeks ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

3 weeks ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

3 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

3 weeks ago