Cara Membersihkan Sampah di Hp Vivo

Setiap yang namanya sampah tentu harus dibersihkan agar lebih lapang, begitu pula dengan sampah pada perangkat. Karena semakin sering menggunakan perangkat, maka akan semakin banyak sampah yang menumpuk. Oleh sebab itu, disini kita akan membahas cara membersihkan sampah di hp Vivo.

Berbicara mengenai smartphone, setiap hari selalu ada keluaran terbaru dari berbagai merek di pasaran. Setiap merek tentu saja memiliki keunggulan yang paling menonjol sebagai karakteristik sekaligus pembeda merekt tersebut dengan merek hp laainnyaa.

Sebagai contoh merek Vivo yang selalu menonjolkan camera phone-nya, sehingga terlihata lebih unggul dibandingkan dengan merek lainnya dengan rentang harga yang sama.

Berdasarkan sistem penggeraknya, smartphone saat ini terbagi ke dalam 2 bagian, yaitu iOS dan android. Untuk Android sekarang sudah merambah ke berbagai merek smartphone karena bersifat open source. Sehingga sangat mudah untuk memodifikasi sistem, membuat berbagai macam aplikasi, dan lain sebagainya. Adapun untuk sistem iOS, merek yang masih merajai dengan menggunakan sistem ini adalah produk-produk keluaran Apple seperti iPhone.

Sampah-sampah Dalam Sistem Android

Pada pembahasan kali ini yang akan dijelaskan secara lebih rinci adalah sistem Android terutama untuk seri-seri keluaran dari merek Vivo. Adapun dasarnya karena Vivo lebih banyak digemari berbagai kalangan masyarakat mulai dari lapisan bawah, menengah, hingga lapisan atas.

Meskipun banyak keunggulannya, bukan berarti android tidak memiliki kekurangan sama sekali. Saat sistem android mulai sering loading, berat, atau sering menutup aplikasi sendiri, kemungkinan besar ada sampah yang menumpuk. Sampah-sampah tersebut biasanya dari hasil aplikasi, membuka file-file, hingga menghapus aplikasi.

Setiap sampah di perangkat, jika tidak dibersihkan secara berkala bisa menyebabkan ruang penyimpanan internat Vivo kalian akan menjadi penuh. Selain itu, performa perangkat Vivo akan semakin berkurang karena terlalu berat. Oleh sebab itu, kalian harus memperhatikan sampah-sampah di andnroid.

Untuk lebih mengetahui sampah-sampah apa saja yang bisa kalian hapus pada HP Vivo, berikut beberapa jenisnya yang perlu kalian ketahui :

1. Cache Aplikasi

Sampah ini akan muncul jika kalian melakukan menginstall beberapa aplikasi pihak ketiga. Sebenarnya untuk sampah cache akan terhapus secara otomatis oleh sistem. Akan tetapi jika terlalu banyak sampah cache tentu saja akan memiliki dampak pada menurunnya performa HP hingga menghabiskan ruang memori penyimpanan.

2. Folder yang Tidak Terpakai

Biasanya untuk sampah ini dibuat oleh pemilik HP ketika akan menyimpan sebuah file pada memori internal. Ketika file tersebut sudah dipindahkan, terkadang lupa untuk menghapus folder tersebut. Oleh karena itu, langsung hapus folder yang tidak terpakai apabila file didalamnya sudah dipindahkan.

3. Sampah Pada Galeri

Thumbnail adalah salah satu sampah yang akan muncul ketika kalian membukan sebuah gambar baik itu foto atau gambar hasil dari download. Cara menghapusnya yaitu bisa dengan menggunakan fitur bawaan atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

4. Data Penyimpanan Pada Browser

Ketika kalian membuka browser untuk berselancar di internet, maka akan muncul data tambahan yang akan mempengaruhi ruang penyimpanan yang dinamakan cache dan cookies. Untuk menghapusnya, tingggal akses menu pengaturan browser yang digunakan, lalu masuk pada menu settings untuk menghapus riwayat penelusuran, cache, maupun cookies.

Akan tetapi, kalian juga bisa mencoba cara lainnya dengan memakai fitur bawaan dari Vivo atau memakai aplikasi pihak ketiga.

Sebenarnya masih banyak jenis sampah pada sistem android yang bisa kalian hapus. Namun sampah-sampah yang paling penting yang perlu kalian ketahui sudah dijelaskan di atas. Oleh sebab itu, kalian bisa mengetahui mana yang perlu dihapus dan mana yang harus dibiarkan.

Cara Membersihkan Sampah di Hp Vivo

Tutorial Membersihkan Sampah di Hp Vivo

Ada beberapa cara membersihkan sampah di Hp Vivo, diantaranyaa bisa memakai fitur bawaan atau bisa juga dengan aplikasi dari pihak ketiga. Intinya kedua jenis cara tersebut sama-sama menghapus sampah yang tidak berguna agar performa HP dan juga ruang penyimpanan semakin lega.

1. Menggunakan Fitur Pembersih Sampah pada HP Vivo

Sebenarnya untuk fitur ini bukan hanya terdapat pada HP Vivo saja, setiap merek yang menggunakan sistem android pasti akan selalu ada fitur ini. Jadi, kalian tidak perlu lagi mengunduh fitur atau aplikasi ini. Berikutt ulasannya :

  • Masuk terlebih dahulu pada aplikasi Pengelola File. Biasanya menu tersebut berada pada deretan menu-menu utama.
  • Setelah itu, jika sudah masuk pada aplikasi Pengelola File, kalian cukup pilih menu ‘Pembersih’.
  • Klik tombol ‘Scane’ maka akan secara otomatis mencari file sampah yang tersebar di setiap folder pada sistem android.
  • Setelah selesai melakukan scanning, selanjutnya tinggal klik bersihkan dan sampah-sampah hasil scan tadi akan secara otomatis terhapus sendiri.

2. Menghapus File Sampah Pada Galeri Secara Manual

Untuk menghapus file sampah pada galeri bisa dilakukan secara manual, tujuannya adalah agar file-file  tidak terhapus secara otomatis. Ini cara membersihkan sampah di hp Vivo yang terdapat pada galeri hp :

  • Masuk ke dalam aplikasi Pengelola File, lalu masuk kembali pada pengaturan yang ada di sebelah kanan.
  • Disana kalian harus mengaktifkan ‘File Tersembunyi’ agar bisa melihat file-file sampah yang ada pada Galeri.
  • Masuk kedalam ‘File Lokal’ lalu pilihlah folder ‘DCIM’.
  • Setelah terbuka folder tersebut, masuk kembali pada folder Thumbnails.
  • Lalu pilihlah file-file sampah yang ada di dalam folder tersebut sesuai dengan keinginan kalian.
  • Apabila sudah ditandai file yang akan dihapus, selanjutnya tinggal klik ‘Hapus’ dan selesai.

Cara kedua juga tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga yang cukup merepotkan. Kalian hanya perlu menggunakaan fitur yang sudah tersedia saja.

3. Menggunakan Aplikasi CCleaner

Cara membersihkan sampah di hp Vivo selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu CCleaner. Aplikasi ini sudah didownload oleh jutaan orang karena memang cukup baik dalam urusan menghapus file sampah yang ada pada HP dengan sistem Android termasuk HP Vivo.

Untuk lebih jelasnya, berikut tutorial menggunakan aplikasi CCleaner :

  • Jika belum di download, terlebih dahulu download aplikasinya pada Google Play Store.
  • Setelah masuk pada Google Play Store, masuk ke menu pencarian lalu ketikkan nama aplikasinya : CCleaner.
  • Lakukan install aplikasi CCleaner tersebut dan tunggu beberapa saat hingga proses penginstalan berhasil.
  • Setelah itu, buka aplikasinya dengan klik ‘Buka’ agar masuk ke aplikasinya.
  • Jika pada layar ada pemberitahuan meminta izin mengakses beberapa fitur yang berhubungan dengan aplikasi CCleaner, maka klik Izinkan.
  • Masuk pada beranda CCleaner, disana aka nada tombol ‘Scan’ yang berfungsi untuk mencari file-file sampah dari setiap folder yang ada pada HP Vivo.
  • Klik tombol scan tersebut dan tunggu beberapa saat hingga proses scanning selesai.
  • Apabila sudah selesai, selanjutnya tinggal klik bersihkan.

Sebenarnya untuk proses sederhanya kalian cukup klik tombol scan lalu bersihkan. Namun kalian juga bisa mengakses ‘Advanced’. Akan tetapi, untuk mengakses pilihan ini kalian harus hati-hati supaya file yang ada di perangkat tidak ikut terhapus.

Dengan cara membersihkan sampah di hp Vivo seperti yang telah dijelaskan di atas, maka kini perangkat kalian akan terbebas dari yang namanya sampah. Sehingga performa hp menjadi lebih meningkat untuk berselancar.

 

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

3 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

5 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

1 week ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago