Cara Keluar dari Akun Google

Akun Google banyak digunakan untuk aktivitas membuat akun media sosial dan melakukan verifikasi. Bahkan yang paling penting adalah akun Google banyak dibutuhkan ketika kita akan mendaftar aplikasi di android. Semua aplikasi android membutuhkan integrasi langsung untuk terhubung ke akun Google. Namun sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana cara keluar dari akun Google.

Kegunaan Akun Google di Android

Di bawah ini ada beberapa kegunaan akun Google di perangkat android yang harus kamu pahami :

1. Penyimpanan Daftar Kontak

Dengan memakai akun Google, kamu bisa menyimpan lebih banyak kontak. Biasanya perangkat hp membatasi penyimpanan kontak hanya untuk beberapa ratus kontak saja. Tapi dengan memakai akun Google, kamu bisa melakukan penyimpanan kontak hingga ribuan, ratusan ribu, bahkan tidak terbatas.

2. Membuat Akun Media Sosial dan Chatting

Saat menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook, kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu agar dapat mengaksesnya. Sama halnya ketika kamu memakai aplikasi WhatsApp. Meskipun untuk membuat akun WA hanya memerlukan nomor hp, namun proses back up data dilakukan memakai akun Google.

3. Membuat Akun Game Online

Salah satu game online yang tidak dapat berjalan tanpa akun Google adalah COC. Akun Google biasanya digunakan untuk menyimpan data game online. Ketika kamu sudah mempunyai pertahanan kuat dengan TH9 pada game COC, kemudian tiba-tiba saja perangkatmu error serta harus melakukan format ulang. Jika tanpa akun Google, maka semua data game COC milikmu akan hilang.

4. Media Untuk Menyimpan Data

Untuk mengamankan beberapa data penting, lagu maupun foto, kamu harus menyimpannya pada Google Drive. Sementara itu, Google Drive langsung terhubung dengan akun Google, dan kamu dapat menyimpan data-data di Google Drive melalui akun Google itu sendiri.

5. Download Aplikasi Play Store

Perangkat android biasanya menyediakan banyak pilihan aplikasi yang bisa didownload di Play Store. Akan tetapi, untuk mengunduh aplikasi di Google Play Store, kamu harus mempunyai akun Google terlebih dahulu. Dengan demikian,kamu bisa leluasa mengunduh aplikasi di Google Play Store bahkan game-game yang ingin kamu mainkan.

Setelah mengetahui banyak kegunaan akun Google untuk android, kamu kini bisa membuat akun Google untuk berbagai kebutuhan. Namun karena masih banyak orang yang belum tahu cara keluar dari akun Google di android, kita akan membahasnya di bawah ini!

Cara Keluar dari Akun Google

Tutorial Keluar dari Akun Google

Tutorial Keluar dari Akun Google di Perangkat Android

Jika kamu masih ingin memakai perangkat android, maka kamu harus terus terhubung dengan akun Google. Jadi, akun Google harus dalam keadaan login. Sementara itu, mungkin kamu perlu keluar dari akun Google saat ingin mengganti perangkat hp. Ada beberapa metode cara keluar dari akun Google yang bisa kamu lakukan :

Metode 1 : Mengakses Menu Pengaturan

Cara pertama, silahkan akses menu pengaturan dengan langkah-langkah berikut :

1. Masuk ke Menu Settings di Androi

Kamu bisa menggeser layar hp dari atas lalu geser ke bawah. Setelah itu, klik ‘Pengaturan’ pada menu drop down.

2. Klik Users & Account

Cara keluar dari akun Google melalui menu pengaturan selanjutnya dengan klik ‘Users & Account’. Kamu bisa menemukan pilihan tersebut di tengah-tengah pada halaman Settings.

3. Pilih Akun Google yang Akan Dikeluarkan

Silahkan klik akun Google yang akan dihapus pada perangkat android. Apabila kamu memakai cara ini, kamu tidak dapat menghapus Google Account yang utama. Namun untuk menghapusnya, kembalikan perangkat pada pengaturan pabrik. Bisa juga dengan mengakses Find My Device.

4. Tekan Remove Account

Setelah itu, klik ‘Remove Account’ yang tombolnya bisa kamu temui tepat di bawah nama Google Account milikmu. Jika kamu tidak menemukan ‘remove account’. Ini artinya kamu tidak dapat menghapus akun Google tersebut.

5. Klik ‘Remove Account’

Silahkan klik opsi ‘Remouve Account’. Jika sudah melakukannya, Google Account yang sudah dipilih nantinya akan dihapus langsung pada perangkat android. Biasanya tindakan tersebut juga berguna untuk menghapus notifikasi, kalender, atau yang lainnya.

Metode 2 : Kembalikan Perangkat Pada Pengaturan Pabrik

Apabila kamu ingin mengeluarkan akun Google utama dari perangkatmu, maka cara keluar dari akun Google yang bisa kamu lakukan ialah mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik. Namun kamu harus tahu bahwa metode ini bisa menghapus seluruh data di dalamnya. Jadi, pastikan dulu kamu sudah melakukan back up data sebelumnya.

1. Masuk ke Pengaturan di Android

Silahkan masuk ke menu pengaturan atau Settings di android seperti biasanya.

2. Klik ‘System’

Selanjutnya pada halaman pengaturan, scroll layar ke bagian bawah kemudian klik ‘System’. Pilihan tersebut ada di bawah pada halaman setting. Sementara, jika kamu memakai perangkat Samsung silahkan klik ‘General Management’.

3. Klik ‘Reset Options’

Cara keluar dari akun Google selanjutnya klik ‘Reset Options’ di bawah pada halaman System. Kemudian klik ‘reset’ pada perangkat Samsung.

4. Klik ‘Erase All Data (Factory Reset)’

Kamu bisa mengakses pilihan ‘erase all data (factory reset)’ dan klik opsi tersebut yang biasanya terletak di atas halaman. Sementara itu, untuk perangkat Samsung kamu bisa memilih ‘factory data reset’.

5. Reset Phone

Selanjutnya scroll layar ke bagian bawah, lalu klik ‘reset phone’. Kamu bisa melihat pilihan tersebut di urutan terbawah pada halaman. Pada perangkat Samsung, klik ‘reset’ yang berwarna biru.

6. Inputkan Kata Sandi Android atau PIN

Saat diminta, kamu bisa mengetikkan kode yang dipakai saat membuka kunci hp android. Apabila kamu memakai Samsung, klik ‘next’ sesudahnya.

7. Klik Erase Everything

Tepat di bawah halaman, klik ‘Erase Everything’. Untuk selanjutnya, perangkat android langsung menghapus semua data yang ada di dalamnya. Jika sudah selesai, secara otomatis kamu langsung keluar dari Google Account.

Metode 3 : Mengakses Find My Device

Sebelum melanjutkan cara keluar dari akun Google ini, kamu harus memastikan perangkat android kamu sudah ditautkan ke dalam fitur Find My Device. Anggap saja, perangkatmu saat ini sudah ditautkan ke dalam opsi Find My Device dari Google. Setelah itu, lakukan tutorial di bawah :

1. Masuk ke Situs Find My Device

Kamu bisa mengoperasikan web browser di perangkat komputer. Kemudian masuk ke link ini.

2. Masuk ke Google Account

Saat diminta, kamu bisa menginputkan akun Google, tekan ‘next’ dan masukkan kata sandi. Lalu, tekan next lagi sebelum kamu melanjutkan. Setelah Find My Device membuka halaman bertuliskan ‘Google Find My Device’ skip langkah ini.

3. Klik ‘Lock’ atau ‘Secure Device’

Kamu bisa menemukan opsi ini di sisi bagian kiri halaman. Jika kamu memiliki beberapa perangkat android, kamu harus memastikan perangkat android yang akan dipakai untuk keluar akun Google.

4. Masukkan Kata Sandi

Setelah itu, inputkan kata sandi atau password untuk membuka kunci pada kotak teks bertuliskan ‘New Password’. Selanjutnya ketik lagi kata sandi di kolom konfirmasi.

5. Ketuk ‘Lock’ atau Opsi ‘Secure Device’

Kamu bisa menemukan opsi ini di bawah kolom samping kiri. Selanjutnya perangkat android langsung terkunci, serta akan keluar otomatis dari Google Account.

Diantara pilihan cara keluar dari akun Google di atas, kamu bisa memilih opsi Pengaturan atau poin pertama yang paling mudah dilakukan. Karena untuk fitur Find My Device, kamu harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu di perangkat android.

 

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

3 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

7 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

1 week ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago