Smule

Cara Kirim Share Lokasi Lewat WhatsApp

Pemilik smartphone mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi chatting yang bisa diandalkan untuk berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Kamu bisa memakai WhatsApp untuk berkomunikasi, transfer file atau dokumen hingga membagikan lokasi. Oleh karena itu, disini kita akan membahas cara kirim share lokasi lewat WhatsApp!

Bisa dibilang, WhatsApp pertama kali booming ketika BBM (Blackbery Message) sudah mulai meredup dan orang-orang tetap harus saling berkomunikasi satu sama lain, walaupun jarak sangat jauh sekalipun. Oleh karena itu, kehadian WhatsApp menjadi solusi yang tepat untuk dijadikan alat komunikasi serbaguna.

Kelebihan WhatsApp

WhatsApp memang termasuk aplikasi serbaguna yang mana, hanya dalam satu aplikasi saja Kamu sudah bisa melakukan banyak aktivitas. Salah satu aplikasi chatting sekaligus media sosial ini, memungkinkanmu bisa melakukan chatting bersama teman, rekan kerja, upload foto, video hingga yang paling menarik adalah share lokasi.

Terkait dengan fitur share lokasi di WhatsApp, tentu saja ini adalah layanan yang sangat penting. Karena Kamu bisa mengetahui keberadaan seseorang saat ingin melakukan pertemuan, atau melacak keberadaan seseorang dengan mudah.

Cara Kirim Share Lokasi Lewat WhatsApp

Kirim Share Lokasi Lewat WhatsApp

Kirim Pesan Share Lokasi Lewat WhatsApp

Adapun untuk mengirim share lokasi lewat WhatsApp sangat mudah sekali dilakukan oleh siapapun. Fitur ini memungkinkanmu untuk memberitahu orang lain lokasimu saat ini. Dengan begitu, orang lain yang akan menemuimu bisa dengan mudah melacak keberadaanmu menuju lokasi tempat Kamu berada.

Fitur bagikan lokasi di WhatsApp sebenarnya sudah terintegrasi secara otomatis dengan layanan Google Maps. Sehingga, Kamu pun bisa langsung mengikuti petunjuk arah yang ditampilkan langsung melalui Google Maps. Ini tutorial cara kirim share lokasi lewat WhatsApp :

1. Masuk ke Menu Chatting

Pertama-tama, bukalah aplikasi chatting WhatsApp. Setelah itu, carilah nama orang atau kontak yang ingin kamu bagikan lokasi keberadaanmu. Jika kesulitan mencari kontak pada WhatsApp, maka kamu bisa mencarinya pada ikon pencarian yang ada di bagian kanan atas berdekatan dengan ikon titik tiga berjajar.

Setelah klik ikon pencarian, kamu langsung ketikkan nama orang yang akan kamu share lokasi, dan secara otomatis kontak yang dituju akan langsung muncul. Sesudah itu, klik nama kontak tersebut dan masuk ke dalam menu chatting secara pribadi dengan orang yang dimaksudkan.

2. Cari Menu Lokasi

Bagi yang mencoba fitur share lokasi untuk pertama kali, tentunya akan kebingungan mencari ikon lokasi untuk Kamu bagikan ke orang lain. Hal tersebut sangatlah wajar, karena secara umum orang-orang yang masih awam tahu WhatsApp hanya untuk chattingan saja, padahal fungsinya lebih dari itu.

Untuk mencari menu lokasi, kamu harus masuk terlebih dahulu ke menu ‘File’ yang ada di bagian bawah. Menu tersebut berada berjajar dengan ikon kamera dan ikon mcrophone di bagian bawah.

Setelah muncul menunya, cara kirim share lokasi lewat WhatsApp selanjutnya, klik ikon File tersebut, kemudian akan muncul banyak fungsi berikut :

  • Dokumen : untuk mengirimkan file-file yang berbentuk dokumen seperti doc, docx, pdf, bahkan jpg dalamkualitas tinggi.
  • Kamera : digunakan untuk memotret langsung obyek yang akan dikirimkan ke orang lain secara pribadi.
  • Galeri : digunakan untuk mengirimkan foto atau video yang sudah tersimpan pada galeri hp smartphone milikmu.
  • Audio : untuk mengirimkan file khusus audio seperti mp3 maupun rekaman suara yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Lokasi : digunakan untuk share lokasi dimanapun kamu berada kepada orang lain, berdasarkan keberadaan posisi secara real time.
  • Kontak : digunakan untuk mengirimkan kontak telepon kepada orang lain yang sudah tersedia pada daftar telepon pada hp milikmu.

Karena kamu akan mengirimkan lokasi, maka klik ikon lokasi yang sudah tersedia di menu File tersebut.

3. Mengirimkan Lokasi

Cara kirim share lokasi lewat WhatsApp selanjutnya, setelah klik ikon lokasi, kamu akan memasuki menu baru untuk menentukan layanan berbagi lokasi yang akan kamu bagikan tersebut. adapun jenis lokasi yang dimaksudkan adalah :

  • Berbagi lokasi terkini

Cara ini digunakan untuk membagikan lokasi keberadaanmu secara real time. Fitur ini bisa kamu bagikan berdasarkan durasi yang akan kamu pilih seperti berdurasi 15 menit, 1 jam, dan 8 jam.

Apabila sudah lebih dari waktu yang telah ditentukan sebelumnya, maka kamu tidak bisa berbagi lokasi secara real time.

Maksud dari berbagi lokasi terkini secara real time adalah, orang lain bisa melihat pergerakanmu jika kamu sedang berada di perjalanan. Jadi, orang lain langsung mengetahui lokasi keberadaanmu dengan tepat. Jika kamu ingin berbagi lokasi secara real time, klik tulisan ‘berbagi lokasi terkini’ yang muncul pada layar.

  • Kirim lokasi Anda saat ini

Untuk layanan ini hanya menampilkan lokasi kamu saat ini saja. Ini artinya, jika kamu berpindah tempat, orang lain hanya mengetahui posisi lokasi yang Kamu bagikan sebelumnya. Fitur ‘kirim lokasi Anda saat ini’ cocok digunakan untuk mencari alamatmu ketika orang lain tidak mengetahui lokasimu.

Penggunaan menu ‘Kirim Lokasi Anda Saat Ini’ terintegrasi langsung dengan aplikasi lainnya yaitu Google Maps. Sehingga orang lain yang kamu kirimkan lokasi melalui chatting WhatsApp, akan langsung menggunakan Google Maps sebagai petunjuk arah menuju lokasi yang kamu tentukan tersebut.

Sebenarnya selain dua menu di atas, ada beberapa pilihan otomatis berbagai tempat disekitar kamu, tujuannya agar orang lain yang kamu kirimkan lokasinya tidak kebingungan. Lokasi-lokasi tersebut akan ditampilkan tepat dibawah menu ‘Kirim Lokasi Anda Saat Ini’.

Munculnya beberapa tempat tersebut berdasarkan sistem dari WhatsApp itu sendiri. Dengan melihat tempat-tempat strategis yang ada di lokasi kamu saat ini.

4. Kirim Lokasi ke Orang Lain

Cara kirim share lokasi lewat WhatsApp selanjutnya, kamu tinggal membagikan lokasi ke orang lain. Seperti biasa, untuk mengirimkan lokasi, tinggal klik menu yang sudah dijelaskan di atas. Dengan begitu lokasi keberadaanmu langsung terkirim dan dapat dilacak orang lain. Setelah pesan chatting WhatsApp centang dua, maka kamu sudah berhasil share lokasi. Namun jika masih centang 1 maka share lokasi masih pending akibat tidak ada sinyal atau mungkin sedang gangguan.

Catatan Penting Untuk Share Lokasi WhatsApp

Ada beberapa catatan yang wajib kamu ketahui jika ingin melakukan cara kirim share lokasi lewat WhatsApp, diantaranya :

1. Aktifkan GPS

GPS merupakan komponen terpenting agar cara kirim share lokasi lewat WhatsApp bekerja. Mengaktifkan GPS tidak hanya berlaku bagi pengirim lokasi WhatsApp saja tetapi juga bagi penerimanya.Apabila GPS tidak aktif, maka share lokasi tidak akan pernah bisa dilakukan dengan benar.

2. Berada di Lokasi Terbuka

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa share lokasi membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi agar tidak salah alamat. Ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan agar akurasinya tepat yaitu :

  • Setting ulang GPS pada pengaturan untuk memperbaiki tingkat akurasinya, dan
  • Share lokasi berada diruang terbuka seperti halaman rumah atau di jalan. Jangan dilakukan di dalam rumah, karena sinyal GPS biasanya lebih lemah jika dibandingkan di ruang terbuka.

3. Koneksi Internet Harus Stabil

Koneksi internet termasuk hal terpenting yang harus dilakukan, karena untuk memberikan lokasimu membutuhkan koneksi yang stabil agar share lokasi bisa dilakukan dengan baik.

Cara kirim share lokasi lewat WhatsApp di atas dapat dilakukan Ketika Kamu benar-benar membutuhkannya. Ingat, jangan asal mengirimkan lokasi keberadaanmu sembarangan ke orang atau akun yang baru Kamu kenal, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan!

 

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

2 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

6 days ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

7 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

1 week ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

1 week ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago