Cara Download Academia

Bagaimana cara download Academia edu? Ya, Academia adalah platform untuk akademisi agar saling berbagi penelitian yang mereka lakukan dan melakukan analisa terkait dampak penelitian. Selain itu juga dapat melacak penelitian akademisi yang telah mereka ikuti. Menariknya lagi, platform Academia.edu mampu menarik hingga 36 juta lebih pengunjung baru setiap bulannya.

Tentang Academia.edu

Bagi Kamu yang masih belum tahu tentang Academia.edu. Jadi, Academia.edu merupakan layanan media sosial yang memungkinkan para penggunanya, seperti akademisi dan mahasiswa pascasarjana, untuk membuat sebuah halaman profil akademik. Kemudian mereka saling terhubung bersama pengguna lainnya yang ada di seluruh dunia dan mempunyai minat terhadap penelitian yang sama.

Platform yang satu ini dapat digunakan secara gratis oleh siapapun, bagi yang sedang mencari makalah, baik peneliti, atau orang-orang yang berminat terhadap penelitian, dan lainnya. Akan tetapi, versi premium pada aplikasi Academia.edu memungkinkan Kamu untuk melihat penelitianmu. Biasanya harga berlangganannya sekitar $110 setiap tahun, dengan kelebihan tanpa iklan. Sementara pada versi gratisannya, Kamu akan terganggu oleh kemunculan iklan.

Dengan kata lain, platform yang satu ini sangat berguna bagi mahasiswa atau pata peneliti, agar dapat saling berbagi dokumen, mengikuti penelitian di bidang tertentu, serta dapat memantau dampaknya.

Platform Academia.edu diluncurkan pertama kali di bulan September pada tahun 2008, dengan nama pendirinya Richard Price, yang telah menerima suntikan dana dari Brent Hoberman, Spark Ventures dan para investor lainnya.

Apa Sih Pentingnya Penelitian Bagi Mahasiswa?

Sebelum kita berbicara tentang cara download Academia bagi para peneliti atau mahasiswa, Kamu mungkin penasaran dengan penelitian. Ya, bagi Kamu yang akan memasuki perguruan tinggi atau mungkin sedang kuliah di perguruan tinggi tertentu, sebenarnya penting sekali melakukan penelitian. Apa saja sih manfaat penelitian bagi mahasiswa?

1. Dapat Mengembangkan Bidang Keilmuan

Meskipun sudah mendapatkan materi, baik dibangku kuliah maupun dari buku, tentu tidak akan cukup. Ada banyak informasi yang mendukung topok penelitian dan Kamu harus menggalinya lebih dalam agar dapat diuji menyesuaikan bidang keilmuan yang Kamu dapatkan. Dengan penelitian, Kamu bisa mengetahui berbagai macam upaya untuk memecahkan permasalahan. Melalui penelitian, membuat Kamu bisa mengembangkan wawasan lewat pemecahan masalah yang dapat ditemukan.

2. Semakin Ahli di Bidang Keilmuan yang Kamu Ambil

Dengan melakukan penelitian, maka Kamu akan lebih ahli dalam bidang keilmuan yang diambil.Bahkan tak hanya lebih fokus terhadap jurusan eksakta saja, melainkan juga dalam bidang humaniora atau sosial. Jadi, Kamu bisa menerapkan berbagai teori yang sudah Kamu dapatkan secara langsung, dan mengetahui kondisi rill saat terjun di lapangan langsung. Hal tersebut berdampak pada semakin mudah untuk memahami bidang studi yang Kamu ambil sesuai dengan topik penelitianmu.

3. Sebagai Kredit yang Dicantumkan di CV

Umumnya penelitian dilakukan berdasarkan kondisi atau fakta yang terjadi dalam dunia nyata. Hal ini berlaku bagi bidang studi apapun, karena penelitian memberikan kesempatan begitu besar untuk Kamu agar membuat gambaran terhadap dunia kerja di masa depan. Hasil karya penelitianmu bisa menjadi kredit untuk dicantumkan pada daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae ketika Kamu melamar kerja. Menariknya lagi hanya ada beberapa fresh graduate saja yang berpengalaman melakukan penelitian saat berada di bangku kuliah. Sehingga menjadi poin plus tersendiri saat Kamu melamar pekerjaan.

4. Belajar Untuk Mempertahankan Pendapat dan Ide

Bagi yang sudah pernah melakukan penelitian mungkin mengetahui bahwa tiap tahapan penelitian adalah proses yang Kamu lakukan baik secara individu maupun kelompok. Maka dari itu, hasil penelitian wajib dipertanggungjawabkan berdasarkan beberapa kaidah ilmiah. Hasil penelitian biasanya akan diuji langsung di hadapan para dosen atau penguji.

Kamu dari sini akan mempelajari tentang bagaimana harus meyakini fakta yang Kamu peroleh lewat penelitian. Kamu dituntut untuk bisa menyampaikan ide maupun pendapatmu tentang topik penelitian maupun kebenaran yang telah Kamu yakini jawabannya.

5. Membuat Kepercayaan Diri Meningkat

Lewat penelitian, maka Kamu dapat menguji diri dan bisa mengukur seberapa besar kemampuanmu menguasai setiap permasalahan yang telah diangkat ke dalam topik penelitian. Dimana keyakinan ini bisa semakin menambah kepercayaan dirimu. Dengan kepercayaan diri inilah bisa sangat membantumu menyelesaikan semua tantangan yang dihadapi di bangku kuliah bahkan saat Kamu bekerja.

6. Melatih Untuk Berpikir KRitis

Biasanya penelitian akan diawali oleh permasalahan atau pertanyaan tertentu yang membutuhkan jawaban. Oleh sebab itu, dibutuhkan pemikiran yang mendalam dan kritis agar dapat merumuskan permasalahan sampai benar-benar layak dijadikan dasar dalam penelitian.

Itulah beberapa manfaat penelitian bagi mahasiswa yang harus Kamu ketahui. Mengingat pentingnya penelitian, mungkin Kamu membutuhkan banyak referensi untuk bahan penelitianmu. Oleh sebab itu, Kamu bisa menggunakan aplikasi Academia.edu. Menariknya, cara download Academia edu sendiri sangat mudah. Cek pembahasannya di bawah ini!

Cara Download Academia

Download Academia Edu

Tutorial Download File Academia Edu

Jika Kamu mengakses platform Academia edu dan menemukan file penting untuk kebutuhan penelitian atau referensi pembuatan makalah, maka Kamu bisa mencoba cara download Academia edu berikut :

1. Download File Academia Edu Melalui Login

Kamu bisa mencoba cara download Academia Edu dengan cara masuk atau login ke akun Academia terlebih dahulu. Kamu bisa memakai akun Facebook atau Google, dan Kamu pun dapat mengunduh file tersebut secara gratis. Ini langkah-langkahnya :

  • Langkah pertama, silahkan masuk ke situs web resmi academia.edu lewat browser di perangkat PC-mu.
  • Kemudian lanjutkan dengan cara masuk memakai akun Facebook atau Google.
  • Selanjutnya cari file di Academia yang akan Kamu unduh.
  • Jika sudah, silahkan tekan tombol download.
  • Lalu tunggu sampai proses unduhan selesai. Selanjutnya file akan langsung tersimpan otomatis di hp.

2. Download File di Academia Lewat DownAcademia

Kamu juga dapat menggunakan web DownAcademia untuk mendownload file di Academia. Berikut cara download Academia, diantaranya :

  • Kunjungi dan buka web Academia.edu lewat browser yang ada di PC Kamu lebih dulu.
  • Silahkan cari file untuk Kamu download, lalu salin link URL file-nya.
  • Jika sudah, masuk ke situs web DownAcademia di https://downacademia.com/.
  • Di kolom yang ada, silahkan tempelkan link yang berasal dari web Academia tersebut.
  • Tekan ‘Get Link’ kemudian centang opsi ‘Saya Bukan Robot’.
  • Jika sudah, klik ‘Download PDF’.
  • Selesai dan file akan tersimpan pada perangkat laptopmu secara otomatis.

3. Download File Academia Lewat Web Academia Downloader

Cara download Academia edu berikutnya ialah bisa dengan mengakses web Academia Downloader. Jika ingin mengunduhnya dengan cara ini, Kamu tak perlu login terlebih dahulu, tinggal akses saja situs web Academia Downloader. Berikut ulasannya :

  • Silahkan masuk ke situs web Academia.edu lewat browser di PC atau laptop/
  • Kemudian pilih file di Academia yang akan didownload lalu salin link URL-nya.
  • Jika sudah, tinggal tempelkan link URL tersebut ke kolom yang telah tersedia.
  • Tekan ‘Get Link’ lalu centang piliha bahwa Kamu bukan Robot.
  • Selanjutnya, klik ‘Download PDF’
  • Selesai dan file yang Kamu download tadi akan langsung tersimpan di PC-mu.

Nah, itulah 3 pilihan cara download Academia edu yang bisa Kamu lakukan baik dengan cara login maupun tanpa login.

Recent Posts

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

22 hours ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 days ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

6 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

6 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

7 days ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

1 week ago