Alodokter

Cara Cloning HP Oppo

Suka bingung kan? Kalau pas ganti handphone harus memindahkan data yang ada di dalam ponsel lama ke baru. Supaya tidak ribet, kalian bisa manfaatkan fitur bawaan yang terpasang di smartphone. Cara cloning HP Oppo, contohnya. Perusahaan telah menyiapkan fasilitasnya secara gratis. Kalian tinggal pahami saja bagaimana cara pengoperasiannya dan praktekan!

Sedikit ulasan mengenai perusahaan Oppo sebelum kita berlanjut ke pembahasan cloning hp. Oppo Electronics Corp merupakan salah satu bisnis yang dibangun pertama kali di China, dan telah tersebar luas hingga 50 negara di dunia. Basis industri yang difokuskan oleh merek terkenal tersebut, yaitu smartphone. Selain itu, perangkat lainnya ada smart watch di 2020.

Beranjak ke 2021, perusahaan berhasil merilis produk Find X3 pro dengan teknologi kamera utama yang sudah didukung dengan 1 Miliar warna. Tahun 2022, Oppo Reno 7 lah yang jadi primadona pasaran IT. Mulai dari kategori 5G, kemudian disusul dengan keluaran 4G. Masih di bulan yang sama, pada Maret silam. Desain body retro bentuk kotak mirip seperti iPhone.

Cara Cloning HP Oppo

Cara Cloning HP Oppo

Cara Cloning HP Oppo ke Vivo

Istilah kloning erat dikaitkan dengan dunia sains terutama dalam urusan DNA. Tapi, jangan salah, ternyata teknologi juga menerapkan hal tersebut. Duplikasi data sampai dengan clone aplikasi, misalnya. Semudah itu, mengurus segala kebutuhan pribadi dan pekerjaan hanya di satu handphone saja. Fiturnya mudah untuk dijalankan, dan pastinya gratis. Bawaan merek.

Cara cloning hp Oppo ke Vivo tanpa perlu ribet menggunakan bantuan dari perangkat laptop, PC/ komputer. Cukup manfaatkan ponsel Oppo lama kalian ke hp baru dengan merek Vivo. Kamu juga tidak perlu pusing menggunakan alat seperti USB. Instruksi yang akan dijelaskan hanya digunakan dalam pemindahan data saja. Bukan menggandakan aplikasi. Simak disini:

  1. Nyalakan kedua perangkat smartphone kalian (Oppo dan Vivo)
  2. Buka aplikasi bawaan di hp Vivo, yaitu “EasyShare”. Sedangkan di Oppo, masuk ke “Clone Phone”
  3. Pilih opsi “Bagikan EasyShare” dengan ikon profile ada simbol + di bagian bawah sebelah kanannya
  4. Beralih ke laman selanjutnya, muncul tampilan kode QR untuk memindai. Kalian pilih saja pilihan “ Sambung Via Bluetooth”. Otomatis alat bluetooth di hp kamu aktif
  5. Buka hp Oppo kalian,install aplikasi “EasyShare” melalui Play Store
  6. Geser-geser perkenalan pada aplikasi, lalu pilih tombol “Masuk”
  7. Mulai ketuk opsi “Phone Clone”
  8. Klik pilihan “Telepon Baru”, lanjutkan dengan memilih tipe “Android” pada tampilan berikutnya
  9. Muncul pilihan alat untuk lakukan pemindaian
  10. Scan kode QR yang terdapat di hp Oppo menggunakan alat pemindai di hp Vivo baru kalian > muncul ikon “Menyambungkan”
  11. Otomatis proses pemindahan data pada ponsel lama ke baru berjalan. Pilih “Mulai Pertukaran Perangkat” di hp lama Oppo kalian > tunggu sampai prosesnya selesai.
  12. Pilih opsi paling bawah “Mulai Gunakan Hp Baru Anda”.

Oppo sendiri telah menyediakan fitur bawaan untuk lakukan pemindahan data dalam dua tipe ponsel. Pertama ada android, lalu yang kedua adalah iPhone. Pastikan selama proses transfer data berlangsung jangan klik tombol “Stop”. Soalnya, bisa menggagalkan pemindahan data di ponsel lama ke baru yang sedang berlangsung. Pastikan muncul tanda centang atau berhasil.

Cara Cloning HP Oppo ke Samsung

Memindahkan data secara instan tanpa bantuan dari aplikasi tambahan, tentu menjadi satu hal menarik yang bisa memudahkan para pengguna berganti perangkat kapan saja. Akan tetapi, kalau berbeda merek ponselnya apakah masih bisa? Tentu dong. Contoh paling mudah dapat kalian lihat saja dari penjelasan di atas. Dimana, transfer data dilakukan dari Oppo ke Vivo.

Cara cloning hp Oppo ke Samsung sebagai contoh pemindahan data berikutnya. Keduanya, merupakan produsen teknologi dari negeri yang berbeda. Oppo berasal dari Dongguan, China. Sedangkan Samsung pusatnya di Suwon, Korea Selatan. Masih sama-sama berada di wilayah Asia memang. Tetapi, produsen asal Korea tersebut sudah lebih dahulu menyandang flagship.

  1. Pastikan kedua perangkat dalam kondisi menyala dan tampilan home screen muncul diantara Oppo maupun Samsung
  2. Buka aplikasi “Play Store” pada ponsel Oppo, lalu install aplikasi “Smart Switch” untuk dipasangkan pada perangkat
  3. Lanjutkan dengan masuk ke aplikasi “Smart Switch” pada kedua ponsel. Baik Oppo maupun Samsung (pengguna Samsung tidak perlu download aplikasinya kembali karena apk. tersebut adalah fitur bawaan dari perusahaan)
  4. Tampilan awal aplikasi, terlihat “Get Connected” untuk memulai cara cloning hp Oppo ke merek android lainnya melalui dua opsi. Diantaranya ada “Cable, dan Wireless”
  5. Klik pilihan “Wireless” untuk mempermudah proses kloning data termasuk aplikasi yang sudah dipasang di ponsel lama dengan cepat
  6. Silahkan kalian ikuti perintah yang muncul pada Smart Switch di layar ponsel
  7. Tunggu sampai proses transfer data selesai dilakukan
  8. Secara otomatis semua data yang ada di ponsel lama akan berpindah ke memori penyimpanan pada hp baru.

Perlu kalian ingat! Kalau proses pemindahan hanya dikhususkan untuk mengalihkan semua file atau aplikasi yang ada di hp lama. Bukan berarti, akun yang terdapat di aplikasinya juga ikut berpindah. Kamu harus lakukan login secara manual seperti halnya ketika pertama kali melakukan pemasangan apk. tersebut. Contoh, Whatsapp. User butuh sinkronisasi kontak.

Cara Cloning HP Oppo ke Oppo

Kalau sebelumnya kalian sudah melihat cara praktis tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga saat transfer data dari ponsel lama ke baru. Tetapi, kali ini kamu bisa praktekan lebih mudah lagi karena masih satu produksi. Ya, sesama smartphone keluaran dari Oppo Electronics Corp. bisa kamu pindahkan datanya tanpa perlu buka aplikasi Play Store kembali. Prosesnya cepat.

Cara cloning hp Oppo ke Oppo dalam hitungan menit. Penasaran dengan cara selengkapnya? Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini:

  1. Lihat daftar aplikasi di ponsel Oppo kalian (lama dan baru)
  2. Pilih menu “Alat Bantu”, kemudian ketuk “Clone Phone” untuk mulai kloning data
  3. Klik opsi “Ponsel Baru” pada tampilan berikutnya
  4. Berikutnya, pilih “Ponsel Oppo”
  5. Melalui ponsel lama kalian, ketuk opsi “Kloning Ponsel” yang terdapat di laman utama.
  6. Selanjutnya, kalian ketuk pilihan :Ini Adalah Ponsel Lama” supaya muncul kode QR di tampilan berikutnya
  7. Silahkan gunakan ponsel Oppo baru kalian untuk “Mulai Pemindaian” ke kode QR yang muncul di hp lama Oppo
  8. Tunggu sampai proses transfer data selesai dilakukan
  9. Lengkapi kata sandi pada layar ponsel baru Oppo kalian (apabila diminta oleh sistem)

Cara Cloning HP Oppo ke iPhone

Buat kamu yang masih setia dengan model prosessor lama, yakni Color OS 5.2 ke bawah. Sedikit perbedaan pada langkah-langkah pemindahan datanya. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Buka “Alat Bantu”, lalu pilih “Kloning Ponsel”
  2. Tampilan berikutnya, klik “Ini Adalah Ponsel Baru”. Langkah selanjutnya ini yang  berbeda
  3. Ketuk pilihan “Impor dari iPhone”. Koneksikan ponsel dengan jaringan internet apabila diminta oleh sistem
  4. Lakukan “Autentikasi Dua Faktor Apple ID” untuk dilanjutkan dengan login akun “iCloud” melalui ponsel iPhone lama kalian
  5. Lengkapi kode verifikasi sesuai dengan yang diterima di ID Apple baru
  6. Isi kata sandi pada layar kunci (apabila diminta)
  7. Proses transfer data selesai.

Sekian informasi cara cloning hp Oppo di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. See you on the next awesome topics. Hope you all be happy. Bye bye

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

1 week ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

2 weeks ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

2 weeks ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

3 weeks ago