Cara Buat Email Baru

Di era teknlogi canggih seperti saat ini, keberadaan email memiliki peranan yang sangat penting. Email seringkali digunakan untuk mengirimkan surat lamaran, mengirimkan surat ke klien, kantor atau untuk keperluan lainnya. Mengingat pentingnya email, bagi Kamu yang belum memiliki email, wajib tahu cara buat email baru. Saat ini email yang paling populer adalah produk dari Google, bernama Google Mail atau sering disebut sebagai Gmail.

Fitur-Fitur Pada Gmail Lengkap

Menawarkan fitur yang sangat lengkap, dan terintegrasi dengan semua layanan android, inilah yang membuat Gmail banyak diminati. Sebut saja, ada fitur personalisasi, layout, penyimpanan hingga di atas 15 GB, filter, label dan lainnya. Kamu bisa mempelajari masing-masing fitur berikut :

1. Anti Spam

Fitur keamanan Gmail memang rutin diperbarui, termasuk memperbarui anti virus dan anti malwarenya, pada semua attachment dan pesan. Mengenai spam sendiri, Gmail telah didukung filter handal yang dapat mencegah masuknya pesan spam pada inbox utamamu.

Dengan begitu, Gmail akan melampirkan malware atau virus lewat pesan, kemudian peringatan ditampilkan hingga mengkarantina pesan.

2. Storage

Kemampuan Gmail dalam menyediakan storage mampu menandingi kompetitornya, yang biasanya hanya disematkan storage 4 MB, tapi Gmail membekalinya dengan kapasitas 15GB. Menariknya, semua pengguna dapat menikmatinya secara gratis.

3. Layout

Bisa dibilang, Gmail adalah platform email web yang pertama menawarkan antarmuka dan layout yang menarik dan rapi. Diantaranya pesan yang dikategorikan berdasarkan subjek, sehingga bisa membaca dan membalas seluruh pesan atau inbox yang masuk. Kamu bisa memilih 3 dari jenis layout berikut, seperti compact, default, dan comportable.

4. Search Box

Gmail juga menawarkan kolom pencarian yang bisa membantu para penggunanya menemukan inbox atau pesan email dengan cara instan dan cepat. Kamu hanya perlu mengetikkan kriteria tertentu pada opsi pencarian, dan tekan ‘enter’. Setelah itu, Kamu juga dapat menemukan pesan melalui ‘subject’. ‘from’. ‘to’. ‘attachment’, ‘konten pesan’, dan sebagainya.

5. Opsi Penataan

Dengan banyaknya pesan yang masuk lewat email setiap hari, hal ini membuat inbox email menjadi berantakan. Namun pihak Gmail telah menyediakan fitur supaya pesan inbox menjadi lebih terorganisis, diantaranya ”

  • Stars, ketika Kamu memberikan bintang ke pesan tertentu, maka pesan tersebut pun akan tetap muncul di deretan teratas inbox untuk mendapatkan prioritas dibaca atau dibalas.
  • Labels, Kamu bisa membuat folder atau label email yang bisa dinamai sesuai dengan kebutuhan.
  • Tabs, Kamu bisa memakai tab sebagai pemisah email berdasarkan kategori. Beberapa pilihan tab standar yang bisa Kamu akses, diantaranya social, promotions, dan primary.
  • Filters, untuk opsi ini Kamu bisa membuat filter saat mengelola seluruh email yang masuk. Dalam filter tersebut biasanya meneruskan pesan, menerapkan label, menghapus email dengan otomatis dan lainnya.

Cara Buat Email Baru

Tutorial Buat Akun Email Gmail Baru

Tutorial Membuat Email Baru di Gmail

Bagi Kamu yang baru pertama kali membuat gmail untuk mengakses perangkat android atau ingin membuat media sosial misalnya, Kamu bisa mengikuti tutorial cara buat email baru di bawah ini :

1. Membuat Google Mail Baru Menggunakan Hp

Cara buat email baru yang pertama ialah Kamu bisa menggunakan perangkat hpmu. Berikut ulasan cara buat email baru untuk Gmail via hp :

  • Silahkan pilih ‘settings’ atau ‘pengaturan’ pada menu smartphone milikmu.
  • Setelah itu, Kamu tinggal pilih ‘account’, silahkan pilih opsi ‘add account’.
  • Jika sudah, Kamu bisa mencari ikon Google, kemudian akan ditampilkan opsi ‘create a new account’, apabila Kamu sebelumnya memang belum mempunyai akun Gmail.
  • Setelah itu, Kamu akan dibawa ke kolom pengisian kelengkapan data diri. Diantaranya berupa jenis kelamin, tanggal lahir, nama dan lainnya. Disini Kamu harus mengisi seluruh data diri lengkap dan benar.
  • Silahkan pilih username, dan tekan ‘next’. Nah,username inilah yang nantinya dijadikan sebagai identitas diri yang tertera di akun email milikmu. Akan tetapi, Kamu harus berhati-hati memilih atau membuat username, karena bisa saja nama pengguna yang Kamu buat sudah dipakai orang. Biasanya, jika hal tersebut terjadi, Kamu akan mendapatkan peringatan berupa ‘that username is taken’ selanjutnya Kamu diminta mencoba username yang lain.
  • Jika sudah membuat nama pengguna atau username, setelah itu Kamu diminta membuat kata sandi. Silahkan buat kata sandi minimal sebanyak 8 karakter. Supaya lebih aman, kata sandi sebaiknya berbentuk kombinasi dari simbol, huruf kecil, huruf besar, dan angka. Ketika membuat kata sandi, Kamu pun akan diminta melakukan pengisian kata sandi hingga 2 kali, jadi pastikan keduanya sudah diisi password sama persis.
  • Langkah berikutnya, Kamu akan ditampilkan kolom bertuliskan ‘Privacy and Terms’, silahkan klik ‘I agree’.
  • Jika ada konfirmasi nama pengguna dan kata sandi, tinggal tekan ‘next’.
  • Jika sudah selesai, maka pembuatan akun baru gmail dihp pun berhasil dilakukan. Kamu juga akan mendapatkan notifikasi jika Kamu telah mempunyai email baru.

Nah, biasanya akun gmail di hp akan terbuka otomatis karena semua program dan aplikasi android akan terintegrasi dengan akun gmail. Jadi, jika Kamu ingin keluar gmail di hp bisa coba cara keluar akun gmail di android.

2. Membuat Google Mail Baru Melalui Laptop

Jika dirasa cara buat email baru lewat hp cukup menyulitkan, maka Kamu bisa membuat gmail melalui laptop atau PC. Berikut ulasannya :

  • Silahkan masukkan www.gmail.com di web browser.
  • Jika alamat sudah terbuka, ketuk Create an account.
  • Setelah itu, Kamu akan langsung diarahkan menuju pop up yang berisi kelengkapan data diri. Kamu perlu mengisi kelengkapan data diri secara teliti supaya tak ada kesalahan yang terjadi.
  • Ketika melakukan pengisian data diri, Kamu juga bisa mengisi nama pengguna dan kata sandi langsung. Apabila username atau nama pengguna yang Kamu pilih telah dipakai orang lain, silahkan ganti nama penggunanya atau bisa juga dengan sedikit modifikasi dengan menyisipkan angka.
  • Tekan next step untuk langkah selanjutnya, setelah itu akan muncuk kotak persyaratan atau agreement. Tinggal setujui saja.
  • Setelah itu, Kamu bisa menggunakan akun email Gmail milikmu yang baru.

Panduan Mengatur Akun Gmail

Jika Kamu sudah berhasil mengikuti cara buat email baru di atas, Kamu harus melakukan pengaturan konfigurasinya supaya Kamu bisa menerima dan mengirimkan email. Ini dia langkah-langkahnya :

  • Tekan ‘next’ di tampilan pop up bertuliskan ‘welcome’.
  • Setelah itu, pilih default, compact atau comfortable.
  • Silahkan ikuti tambahan langkah-langkah lainnya berdasarkan petunjuk karena akunmu masih melewati tahap proses.
  • Kamu bisa memilih tema jika ingin melakukan personalisasi layout pada akun Gmail dengan memilih opsi ‘Choosing a theme’.
  • Untuk mempelajati terkait bagaimana kerja Gmail, Kamu bisa memilih ‘Learn how to use Gmail’.
  • Jika ingin mendownload aplikasi Gmail mobile resmi, Kamu bisa memilih opsi ‘Get Gmail for Mobile’.
  • Jika Kamu bermigrasi atau pindah dari gmail yang lain, Kamu bisa mengimpor kontak atau email di akun gmail sebelumnya memakai opsi ‘Import contacts and mail’.
  • Untuk mengubah gambar profil supaya pengguna email lainnya mengenalimu, Kamu bisa memilih ‘change profile image’.

Oke, itulah panduan lengkap tentang cara buat email baru bagi pemula dan cara mengatur gmail agar tampilannya lebih baik sekaligus menampilkan identitas bahwa email tersebut milikmu. Semoga bermanfaat!

 

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

4 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 week ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

1 week ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago