Smule

Cara Video Call Grup WhatsApp

Sebagai aplikasi chat yang populer, WhatsApp telah menawarkan sejumlah fitur menarik yang bisa dinikmati oleh para penggunanya. Menariknya lagi, WhatsApp juga memungkinkan para penggunanya untuk melakukan video call grup. Bahkan cara video call grup WhatsApp sangat mudah sekali, dijamin Kalian yang masih newbie pun bisa melakukannya.

Cara Video Call Grup WhatsApp

Video Call Grup WhatsApp

Tutorial Melakukan Video Call Grup di Aplikasi WhatsApp

Dengan memanfaatkan fitur video call di WhatsApp, Kamu bisa melakukan video call tak hanya berdua saja tapi juga berempat sekaligus. Asalkan ikuti beberapa langkah cara video call grup WhatsApp mudah berikut ini :

1. Telepon Salah Satu Kontak di WhatsApp

Langkah cara video call grup WhatsApp yang pertama, silahkan Kamu buka aplikasi perpesanan atau chat ‘WhatsApp’ milikmu di perangkat android. Jika sudah terbuka, silahkan masuk ke salah satu chat kontak yang akan Kamu telepon untuk memulai video call. Atau Kamu juga bisa langsung masuk ke kontak WhatsApp dan cari salah satu kontak yang akan dihubungi.

2. Tambahkan Panggilan Kontak Teman

Setelah terhubung, langkah berikutnya Kamu akan menemukan ikon orang bertanda plus (+) di samping kanan atas. Silahkan tekan ikon tersebut jika Kamu ingin menambahkan panggilan ke 2 kontak WhatsApp atau beberapa kontak terserah. Silahkan tap untuk lanjut ke langkah berikutnya.

3. Pilih Kontak yang Ingin Dipanggil di Whatsapp

Next Kamu akan masuk ke list kontak WhatsApp di perangkat hpmu. Pastikan  2 orang berikutnya sudah disimpan nomornya di dalam list kontakmu.

4. Mulai Lakukan Panggilan Video Grup di WA

Cara video call grup WhatsApp berikutnya Kamu tinggal nikmati panggilan video grup di WhatsApp bersama kontak yang sudah Kamu pilih sebelumnya. Jika belum tersambung pada kontak-kontak yang dimaksud, tunggu saja sampai tersambung. Jika sudah, lakukan percakapan.

Tutorial Video di WhatsApp Web

Selain cara video call grup WhatsApp, ternyata Kamu juga kini bsa mencoba cara video call di WhatsApp Web. Pasalnya pengguna WA di Indonesia secara bertahap bisa mendapatkan update fitur dari WA web dan perangkat desktop. Pembaruan tersebut memungkinkan para pengguna untuk langsung melakukan aktivitas panggilan suara ataupun panggilan video langsung dari komputer atau laptop.

Jika Kamu kebingungan melakukan panggilan video atau suara dari WhatsApp web via desktop, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan berikut ini :

1. Masuk ke Situs WhatsApp Web

Pastikan dulu aplikasi WA desktop sudah termasuk versi terbaru. Jika Kamu memakai WA web, tinggal mengakses situs web di alamat web.whatsapp.com.

2. Pilih Tab Chat Kontak

Silahkan pilih chat kontak yang akan diajak melakukan video call atau panggilan suara di WhatsApp.

3. Pilih Ikon Kamera Untuk Panggilan Video

Jika tab chat sudah terbuka, di sebelah foto profil Kamu akan menemukan ikon kamera beserta telepon. Silahkan pilih ikon bergambar kamera jika ingin melakukan video call.

4. Lakukan Pengontrolan Panggilan

Kamu bisa mengontrol panggilan setelah muncul jendela atau tab baru. Ketika melakukan video call, Kamu bisa membisukan suara atau melakukan mute serta mematikan kamera.

Apabila Kamu telah menerima panggilan video dan suara di WA Web atau perangkat desktop, maka secara otomatis akan muncul tab yang baru untuk memutuskan atau menerimanya.

Tutorial Video Call Grup WhatsApp di Desktop

Kabar gembira bagi Kamu yang sering menggunakan aplikasi WhatsApp di desktop, kini Kamu bisa melakukan video call grup sampai 50 peserta. Pasalnya fitur yang satu ini dapat dipakai oleh pengguna WA di android atau iPhone. Tak hanya itu saja, fungsi ini dapat dimanfaatkan oleh penngguna WA web di PC atau laptop.

Memakai fitur panggilan video 50 orang di WA bisa dikatakan jauh lebih gampang jika dibandingkan platform Google Meet atau Zoom. Pengguna tinggal melakukan langkah-langkah cara video call grup WhatsApp saja dan Kamu bisa langsung terhubung ke keluarga, rekan kerja maupun teman lainnya.

Panggilan video dengan peserta berkapasitas sampai 50 orang ada hasil integrasi dari WA dengan FB Messenger. Kita tahu bahwa layanan Messengers Room telah dirilis FB dan dapat dipakai untuk aktvitas video conference yang jumlah pesertanya 50 orang dalam sekali panggilan.

Namun yang pasti Messenger Rooms dapat dipakai secara gratis bahkan tanpa batasan waktu untuk melakukan video call. Para pengguna FB bisa berbagi tautan yang memungkinkan setiap orang untuk dapat bergabung ke meeting pada Messenger Rooms lewat web  browser di seluler dan desktop.

Jika Kamu masih belum mengetahui cara video call grup WhatsApp untuk 50 orang ini, Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Buka Situs WhatsApp Web

Silahkan buka web resmi dari WA Web di alamat web.whatsapp.com, kemudian hubungkan akun WA yang Kamu miliki dengan cara scan barcode di laman tersebut.

2. Pilih Ikon Tiga Titik di Samping Foto Profil

Jika akun sudah terhubung pada WA web, Kamu tinggal pilih ikon tiga titik di sebelah foto profil. Kamu juga bisa memulai panggilan video langsung di tab char WA grup maupun personal. Caranya tekan ikon attachment yang bergambar penjepit kertas.

3. Pilih Create a Room

Silahkan pilih opsi “Create a Room” kemudian tekan “Contonue in Messenger”.

4. Masuk ke Messenger Room Untuk Masuk ke Facebook

Setelah itu, Kamu akan secara otomatis dialihkan ke laman Messenger Room. Dari sini, Kamu akan diminta melakukan login ke Facebook sebelum video call.

5. Tekan Create Room As

Kamu pun akan diminta memastikan apakah akun FB akan dipakai untuk panggilan video. Jika benar, tinggal pilih “Create Room as…”.

6. Izinkan Akses Messenger Room

Silahkan berikan izin ke Messenger Room dalam mengakses microphone dan kamera, caranya tekan “Allow”.

Kamu juga bisa share link invitation pada peserta lain lewat SMS, email dan WhatsApp. Bagi yang tertarik bergabung, tak perlu lagi login atau mempunyai akun FB.

Keunggulan Video Call via WhatsApp

Ada banyak keunggulan melakukan panggilan video di aplikasi WhatsApp, diantaranya sebagai berikut :

1. Gampang Dipakai

Aplikasi WhatsApp terbilang sangat gampang digunakan, mulai dari usia anak-anak sampai dewasa bisa menggunakan WA dengan mudah. Jadi wajar jika aplikasi WA semakin populer karena kemudahannya.

2. Semua Pengguna Android Familiar dengan WA

Tak dapat dipungkiri, WhatsApp saat ini menjadi primadona aplikasi messenger. Bahkan semua orang familiar dengan aplikasi ini. Bagi pengguna di usia lanjut mungkin merasa asing dengan Google Meet, Skype, LINE, atau ZOOM. Namun tidak dengan aplikasi WhatsApp yang memungkinkan setiap pengguna android menggunakan aplikasi chat ini.

3. Lebih Ringan

WhatsApp tentu saja tak memerlukan banyak loading saat dibuka, aplikasi ini tidak memerlukan banyak tempat penyimpanan dan sangat ringan di hpmu. Di samping itu, WhatsApp juga jarang mengalami bug atau error, sebab telah disesuaikan untuk seluruh perangkat.

Nah, itulah beberapa keunggulan memakai WhatsApp untuk video call. Dengan segala kemudahan dan fitur video call grup yang sangat menarik, Kamu bisa mencoba cara video call grup WhatsApp!

 

 

Recent Posts

Cara Mengecek Bantuan PNM Mekar Mudah Secara Online

WIGATOS.com | Bagaimana cara mengecek bantuan PNM Mekar? PNM Mekar adalah salah satu program bantuan… Read More

5 days ago

Catat! 4 Cara Menghubungi CS Akulaku Resmi 24 Jam

WIGATOS.com | Ketika menggunakan layanan finansial seperti Akulaku, mungkin akan ada saat-saat ketika kamu perlu… Read More

1 week ago

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

1 week ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

2 weeks ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

2 weeks ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

2 weeks ago