Adobe Premiere

Cara Melacak iPhone yang Offline

Jika iPad, iPod atau iPhone Kamu hilang, sementara aplikasi Find My iPhone tidak bisa menemukannya, maka kemungkinan besar perangkat iPhone Kamu dalam kondisi offline atau mati. Lalu, gimana cara melacak iPhone yang offline tersebut? Kamu harus tahu bahwa dalam pelacakan hp yang hilang, akan sulit jika hp tersebut dalam keadaan offline.

Jika memang kondisi ini harus terjadi, tak ada cara lain selain mencari alternatif untuk menemukannya. Kamu sebenarnya masih bisa menemukan iPhone yang offline tersebut dengan mengaktifkan “Notify me When you Found” sekaligus mengaktifkan layanan Mode Hilang. Jika kamu mengaktifkan keduanya, tentu Kamu berpeluang besar menemukan perangkat iPhone Kamu kembali.

Cara Melacak iPhone yang Offline

Melacak iPhone yang Hilang Secara Offline

Melacak iPhone yang Offline Dengan Mudah

Daripada terus panik mengingat iphone-mu entah hilang dimana atau bahkan bisa saja dicuri orang, oleh karenanya Kamu bisa mencoba cara melacak iPhone yang offline atau dalam kondisi mati. Siapa tahu saja, Kamu bisa menemukan kembali iPhone-mu yang hilang setelah mengikuti tutorial yang Kami bagikan di bawah ini.

1. Tutorial Melacak iPhone yang Offline via iCloud

Salah satu cara yang bisa Kamu lakukan untuk menemukan iPhone yang hilang dalam keadaan offline ialah dengan fitur iCloud. Oke, langsung saja simak panduan cara melacak iPhone yang offline di bawah ini :

  • Langkah pertama yang bisa dicoba ialah, silahkan kunjungi web iCloud terlebih dahulu.
  • Setelah itu, kamu tinggal login memakai Apple ID dan akun tersebut sudah dihubungkan pada iphone Kamu sebelumnya.
  • Selanjutnya tinggal buka opsi Find My iPhone.
  • Apabila iPhone yang hilang dalam kondisi offline atau mati, secara otomatis layanan Find my iPhone akan memberikan pemberitahuan kepada Kamu, seperti misalnya iPhone Kamu sedang offline.
  • Mengingat iPhone yang hilang dalam kondisi offline, tentu saja Kamu harus menunggunya terlebih dahulu sampai iPhonemu online kembali.
  • Karena bisa saja iphone tersebut ditemukan orang lain dan orang tersebut mengaktifkan jaringan internet pada iPhone kamu dan perangkatmu yang hilang ini dapat kembali online.
  • Akan tetapi jika perangkat iPhone-mu ternyata hilang di tempat yang tidak terakses jaringan, baik itu berada di lokasi yang jauh atau d dalam air. Maka kemungkinan besar iPhone Kamu tidak bisa online kembali. Namun tenang, karena fitur ini bisa memberikan notifikasi lokasi keberadaan iphone terakhir ketika iphone masih online.
  • Apabila iPhone Kamu sudah kembali online, fitur tersebut bisa memberitahukan notifikasi terkini dan Kamu tinggal klik saja tombol action.
  • Namun jika iphone hilang di sekitar tempatmu berada, maka Kamu perangkat iPhone tersebut pun akan mengeluarkan dering atau suara yang dapat Kamu temukan lokasinya.
  • Namun jika perangkat iPhone ternyata dicuri maka Kamu bisa memakai opsi lost mode.

Dengan memakai tutorial pelacakan iphone yang offline, maka Kamu akan merasa tetap aman walaupun perangkat iphone telah hilang. Sebab Kamu bisa bisa melacaknya selama bisa terkoneksi pada jaringan internet.

2. Tutorial Melacak iPhone yang Offline via Google Maps

Cara melacak iPhone yang offline selanjutnya ialah memakai Google Maps. Dimana cara yang satu ini dapat Kamu pakai apabila di perangkat iPhone yang telah hilang, pilihan Find My iPhone beserta send last location tak diaktifkan.

Namun supaya Kamu dapat memakai Google Maps, maka Kamu harus mengaktifkan layanan Location History pada perangkat iPhone tersebut. Mengingat fitur Location history tersebut itulah yang akan digunakan. Adapun cara mengaktifkan Location history pada iPhone, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, Kamu bisa menyalakan Google Maps terlebih dahulu di perangkat lainnya.
  • Setelah itu, tinggal pilih saja opsi “Menu”.
  • Selanjutnya tekan “Settings” dan pilih opsi “Location history”.
  • Lalu ketuk “Enable the device”.

Dimana location history ini adalah fitur Google Maps untuk mencatat pergerakan perangkat iPhone-mu yang hilang setiap waktu. Ketika iPhone Kamu mati akibat dimatikan atau karena baterainya drop, maka Kamu tetap dapat mengecek keberadaan lokasi terakhir iPhonemu.

Dimana hal tersebut bisa berguna untuk melakukan pelacakan iPhone yang offline atau mati, sehingga Kamu bisa memperoleh petunjuk keberadaan lokasi terakhirnya.

Lalu, bagaimana cara mengecek location history pada iPhone di aplikasi Google Maps? Berikut panduannya :

  • Pertama-tama, silahkan buka web browser dan masuk ke alamat https://www.google.com/maps.
  • Silahkan masuk ke akun Google Mail yang telah terhubung pada iPhone Kamu yang hilang.
  • Tekan “Menu” lalu pilih opsi “Your Timeline”.
  • Selanjutnya riwayat lokasi perangkat iPhone pun akan langsung terlihat di Google Maps.

Nah, dari sana Kamu akan melihat pergerakan perangkat iPhone-mu kemana saja. Silahkan cek keterangan waktunya dan waktu terakhir pada peta yang terlihat ialah posisi terakhirnya saat sebelum mati. Berdasarkan riwayat lokasi tersebu itulah, memgungkinkan Kamu dapat memperoleh petunjuk kemana Kamu harus mencarinya.

Trik Ketika iPhone Hilang

Ada beberapa langkah cara yang dapat Kamu lakukan untuk bisa mengamankan seluruh informasi dan data yang tersedia di iPhone Kamu yang hilang. Hal ini bertujuan agar orang yang mengambilnya tidak menyalahgunakan data yang terdapat pada iPhone Kamu.

1. Mengaktifkan Lost Mode

Ketika mengaktifkan fitur Lost Mode atau Mode Hilang, maka secara otomatis iPhone akan terkunci dalam jarak jauh menggunakan password. Pada layar iPhone akan ditampilkan pesan nomor hp pemiliknya supaya yang menemukannya membaca pesan tersebut dan menghubungi Kamu segera. Apabila iPhone Kamu terhubung pada kartu kredit, kartu debit, maupun Apple Pay, tentu saja akun harus ditangguhkan serta tidak bisa melakukan transaksi.

2. Menghapus Data Pada Memori Internal Hp

Kamu harus menghapus seluruh data yang tersedia di iPhone agar mencegah orang lain untuk mengakses data pribadimu. Jika sudah dihapus, maka kartu kredit, Apple Pay dan kartu debit pun ikut terhapus. Kamu juga tak bisa lagi melakukan pelacakan memakai Find my iPhone sekaligus kunci iPhone langsung dimatikan.

Kamu bisa melakukan poin ini saat dalam keadaan darurat apaibla data-data di iPhone tersebut memang perlu diamankan.

3. Melapor ke Pihak yang Berwenang

Apabila Kamu merasa yakin jika iPhone sudah dicuri, sebaiknya jangan sendirian mencarinya. Alangkah baiknya untuk melaporkan hal ini kepada pihak berwajib. Kamu juga bisa melaporkan kepada provider seluler setelah mendapatkan surat keterangan dari polisi, supaya nomor hp iPhone-mu langsung diblokir. Jadi tidak bisa lagi dipakai untuk hal-hal merugikan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan saat iPhone Kamu hilang. Cara di atas penting sekali agar Kamu bisa menemukan iPhone-mu dengan mudah. Kalaupun tidak, setidaknya Kamu bisa mengamankan data-data penting di atas agar tidak disalahgunakan orang lain.

Demikian ulasan tentang cara melacak iPhone yang offline saat Kamu kehilangan iPhone kesayanganmu. Untuk mencegah agar iPhone tidak gampang dicuri ialah sebaiknya hindari membuka hpmu atau membalas pesan sembari berjalan. Di samping bisa mengganggu para pengguna jalan lain, tentunya saja Kamu menjadi sulit fokus dan sangat rentan mengalami aksi pencurian.

Recent Posts

2 Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Paling Mudah

WIGATOS.com | Mengganti nomor di layanan perbankan digital seperti M Banking BCA bisa menjadi langkah… Read More

4 hours ago

Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian dengan 7 Langkah

WIGATOS.com | Menggadaikan barang di Pegadaian dapat menjadi solusi finansial yang berguna ketika kamu membutuhkan… Read More

4 days ago

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang dengan 5 Langkah Cepat

WIGATOS.com | Kehilangan ATM BRI bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, karena selain kehilangan akses ke rekening… Read More

4 days ago

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir dengan 2 Metode

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan… Read More

5 days ago

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BNI dengan 6 Langkah

WIGATOS.com | Menonaktifkan kartu kredit BNI bisa menjadi langkah yang perlu dilakukan dalam berbagai situasi,… Read More

6 days ago

Cara Mengecek Tagihan WOM Finance Lewat Aplikasi DANA

WIGATOS.com | Mengecek tagihan dari layanan keuangan seperti Wom Finance adalah langkah penting dalam menjaga keuangan… Read More

1 month ago