Cara Memperbaiki Engsel Laptop (3 Metode) dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki Engsel Laptop
Cara Memperbaiki Engsel Laptop

Engsel laptop tiba-tiba rusak begitu saja? Tentu hal ini bukan tanpa alasan. Ada beberapa penyebab yang membuat engsel laptop patah atau rusak. Apalagi jika laptop sering digunakan untuk bekerja, aktivitas buka tutup laptop yang terlalu sering biasanya menyebabkan engsel laptop menjadi rusak. Lantas, bagaimana cara memperbaiki engsel laptop?

Penyebab Engsel Laptop Mengalami Rusak

Karena engsel laptop termasuk bagian yang rentan mengalami patah atau rusak pada laptop. Maka ada beberapa faktor engsel laptop mengalami rusak. Namun sebelum kita membahas cara memperbaiki engsel laptop yang rusak, ketahui penyebabnya terlebih dahulu berikut ini :

1. Sering Membuka Laptop dari Bagian Ujung Sudut Pada Layar

Secara tanpa sadar, banyak orang yang kerap membuka laptop lewat sudut ujung pada layar. Biasanya hal tersebut menjadi salah satu faktor penyebab engsel mengalami kerusakan. Ketika kamu membuka laptop di ujung layar, maka tumpuan pada layar yang cenderung tipis justru bisa berat sebelah. Maka dari itu, sebaiknya buka laptop di bagian tengah pada layar laptop terlebih dahulu. Kemudian buka laptop dengan perlahan.

2. Terlalu Lebar Membuka Layar

Kasus membuka layar yang terlalu lebar pada laptop juga bisa memicu kerusakan pada engsel laptop. BIasanya setiap engsel laptop mempunyai batas tertentu, oleh karena itu kamu harus hati-hati ketika membukanya.

3. Terjatuh dan Terbanting

Jika laptop kamu secara tidak sengaja terjatuh atau terbanting, maka bisa membuat engsel laptop kamu mengalami kerusakan. Tidak hanya kerusakan pada bagian engsel laptop saja, tetapi juga pada komponen lainnya. Kamu harus berhati-hati ketika membawa dan menyimpan laptop, pastikan perangkat ini berada di tempat aman agar tidak terjatuh.

4. Menutup atau Membuka Laptop Terlalu Lama

Terlalu lama menutup atau membuka laptop juga bisa mengakibatkan kerusakan pada engsel laptop. Engsel laptop yang berbahan baja memungkinkan terjadinya masalah korosi. Ketika kamu tidak sedag memakai laptop, sebaiknya tetap membukanya untuk membersihkan laptop itu sendiri.

5. Laptop Tertimpa Benda yang Berat

Jika kamu menyimpan benda berat di atas laptop, maka engsel laptop nantinya terpaksa menahan beban dari benda berat tersebut. Bisa jadi, engsel mengalami pecah akibat menahannya. Selain itu juga, ketika kamu menyimpan laptop di dalam tas serta tertimpa oleh banyak buku, maka bisa mengakibatkan kerusakan terjadi pada engsel laptop.

Cara Memperbaiki Engsel Laptop

Cara Memperbaiki Engsel Laptop
Cara Memperbaiki Engsel Laptop

Ada beberapa langkah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kerusakan pada engsel laptop, antara lain :

1. Persiapkan Peralatan

Cara memperbaiki engsel laptop pertama yaitu persiapkan terlebih dahulu peralatan yang dipakai untuk mengatasi masalah kerusakan pada engsel. Ada beberapa peralatan yang dibutuhkan, antara lain obeng minus, obeng plus, tang kecil, mur, dan solder paku dengan diameter 3 mm.

2. Cara Memperbaiki Engsel Laptop dengan Cek Kerusakan

Deteksi atau cek terlebih dahulu kerusakan pada engsel. Apabila kerusakan terdapat pada bagian tempat baut casing laptop atau dudukan engsel, maka kamu wajib menggati bagian atau komponen tersebut.

Akan tetapi, apabila dudukan engsel masih dapat dipakai, kamua cukup memerlukan lem yang benar-benar kuat agar engsel bisa kembali bekerja seperti seharusnya. Jika dudukan ruask atau hilang, maka membutuhkan proses untuk membuka dudukan dalam meletakkan baut engsel di casing.

Pakai lem khusus untuk plastik demi memastikan agar lem dapat bekerja dengan baik. Sebab engsel pada laptop akan selalu dipakai.

3. Membawanya ke Jasa Service Laptop

Cara memperbaiki engsel laptop yang rusak selanjutnya bisa dengan langsung membawanya ke jasa service laptop, apabila dirasa kerusakan tidak dapat diperbaiki sendiri. Hal tersebut bisa meminimalisir risiko kerusakan yang disebabkan oleh salah jalan, akhirnya kamu membutuhkan anggaran lebih besar untuk perbaikan.

Untuk memastikan agar laptop tetap dapat bekerja dengan baik dan membuat penggunanya merasa nyaman, segera coba cara memperbaiki engsel laptop jika terjadi kerusakan atau patah.

Pasti Kamu Belum Tahu:

Related posts