Cara Mengetahui Riwayat Panggilan Telepon

Cara mengetahui riwayat panggilan telepon mungkin dibutuhkan oleh kamu untuk melihat aktivitas keluar masuk panggilan pada sebuah perangkat smartphone.

Untuk mengecek riwayat panggilan telepon sebetulnya mudah. Kamu hanya tinggal masuk ke menu telepon. Di sana nanti ada riwayat telepon keluar masuk pada smartphone.

Read More

Namun, kondisinya terkadang berbeda. Riwayat panggilan telepon mungkin saja terhapus karena kesengajaan ataupun karena faktor lain. Misalnya seperti HP error, terkena virus ataupun ter-reset secara tidak sengaja.

Nah, untuk mengembalikan data-data log panggilan yang hilang. Kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini :

Cara Mengetahui Riwayat Panggilan Telepon

Cara Mengetahui Riwayat Panggilan Telepon
Mengetahui Riwayat Panggilan Telepon

Ada beberapa cara mengetahui riwayat panggilan telepon menggunakan beberapa platform atau tools yang bisa kalian coba, berikut ini:

1. Mengetahui Riwayat Panggilan Telepon Menggunakan Undeleter

Cara mengetahui riwayat panggilan telepon yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi undeleter yang ada di Playstore. Berikut panduan lengkapnya :

  • Buka aplikasi Undeleter yang telah diunduh dan terpasang pada smartphone kamu

  • Setelah membaca aturan pengguna dan menyetujuinya, kamu bisa menggunakan menu Restore Data atau Restore file pada aplikasi

  • Sebagai tips, jika kamu ingin menggunakan layanan restore. Alangkah lebih baik kamu melakukan proses Root dulu agar data yang ter-restore tidak hanya gambar saja

  • Namun, jika kamu ingin melakukan restore data log panggilan telepon, kamu tinggal klik Restore Data

  • Tunggu beberapa saat sampai proses restore data diselesaikan oleh sistem

  • Setelah beberapa saat, kamu akan melihat 2 pilihan, antar merestore panggilan telepon atau SMS

  • Kamu tinggal memilih Log Panggilan telepon pada layar aplikasi

  • Selanjutnya kamu tinggal klik Next sampai pemulihan data riwayat panggilan berhasil dipulihkan.

Adapun, jika data berhasil dipulihkan, kamu bisa melihat data log panggilan kamu lengkap dengan urutan waktu panggilannya seperti data awal sebelum log panggilan terhapus.

2. Mengetahui Riwayat Panggilan di Whatsapp

Selain data panggilan telepon pada perangkat smartphone. Mungkin kamu juga ingin tahu bagaimana cara mengetahui riwayat panggilan telepon di aplikasi Whatsapp. Simak metode selengkapnya :

  • Hapus atau uninstall aplikasi Whatsapp yang ada pada perangkat telepon kamu

  • Setelah menghapusnya, kamu menginstalnya kembali dengan data nomor yang sama sebelumnya

  • Pada saat verifikasi data, kamu bisa melakukan pencadangan atau backup dari semua data yang ada pada whatsapp

  • Kemudian kamu bisa mengklik restore sampai semua data dikembalikan

  • Setelah semua proses dijalankan. Semua data panggilan telepon yang terhapus akan muncul kembali pada log panggilan di aplikasi

Namun, adakalanya data log panggilan di whatsapp tidak bisa diambil karena perangkat sebelumnya tidak terhubung dengan Google Drive.

Jika kondisinya demikian, kamu bisa menggunakan cara restore lainnya dengan menggunakan data yang ada pada perangkat smartphone. Cara melakukan pemulihan data lewat perangkat smartphone adalah :

  • Silahkan untuk membuka File Manager pada smartphone yang kamu miliki

  • Setelah itu, kamu bisa memilih menu Whatsapp kemudian klik Database

  • Nanti akan muncul data dengan penamaan msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12, ubahlah data tersebut menjadi db.crypt12

  • Jika sudah dilakukan, kamu bisa melakukan penghapusan aplikasi WA dan kemudian menginstalnya kembali

  • Daftarkan WA kamu dengan nomor dan data yang sama seperti sebelumnya

  • Setelah itu, naninya WA akan menggunakan data backup yang telah berubah secara otomatis.

  • Jika semua proses selesai. Maka biasanya data log panggilan whatsapp yang hilang akan dimunculkan kembali oleh sistem

3. Mengetahui Riwayat Panggilan pada Iphone

Jika kamu adalah pengguna Iphone dan telah mengaktifkan pencadangan otomatis lewat iCloud, maka kamu bisa melihat riwayat panggilan dengan mudah meskipun data sebelumnya telah terhapus.

Untuk memulihkan data panggilan yang terhapus lewat Iphone, kamu bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini :

  • Download Whatsapp pocket melalui PC ataupun Mac

  • Setelah selesai diunduh, kamu bisa mengklik iTunes/iCloud Backups

  • Kemudian pilih Whatsapp Chat Messenger

  • Lanjutkan dengan mengklik Whatsapp Call

  • Pada proses normal, setelah step by step dijalankan, maka data log panggilan telepon kamu pun akan dipulihkan secara otomatis.

4. Cara Mengetahui Riwayat Panggilan Dengan WA Web

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan orang mencari tutorial cara mengetahui riwayat panggilan telepon tujuannya adalah untuk memata-matai suami atau orang yang dicintai, Iya kan?

Hal ini wajar dan bisa dilakukan demi mencegah suami tidak berhubungan dengan wanita lain dan mengkhianati kamu.

Nah, cara untuk mengetahui riwayat panggilan dengan WA web caranya cukup mudah. Kamu tinggal melakukan beberapa langkah berikut :

  • Pastikan kamu memiliki Laptop atau Desktop karena Wa Web perlu dijalankan via Desktop

  • Pinjam Hp suami kamu secara diam-diam untuk dikoneksikan dengan Wa Web yang terpasang pada laptop kamu. Untuk cara mengkoneksikan Whatsapp dengan Wa web silahkan ikuti panduan  cara gunakan Whatsapp Web.

  • Setelah data terkoneksikan, kamu kini mempunyai akses ke Whatsapp suami kamu dan bisa dengan mudah mengetahui setiap chat ataupun panggilan yang terjadi pada Hp suami kamu.

Cara seperti ini sebetulnya kurang etis dilakukan dan bisa menimbulkan permasalahan ketika suami kamu tahu bahwa kamu memata-matainya. Maka dari itu, pertimbangkan terlebih dahulu jika ingin menggunakan cara ini.

Cara Melindungi Log Panggilan

Demi pencegahan, sebaiknya kamu melakukan beberapa langkah berikut ini agar log panggilan dan data lainnya tetap aman meskipun HP rusak, error dan lain sebagainya.

Cara-cara untuk melindungi riwayat panggilan telepon kurang lebih adalah seperti berikut :

1. Lakukan Backup Secara Berkala

Bukan hanya melindungi log panggilan, melakukan backup secara berkala juga bertujuan untuk melindungi semua data yang ada di telepon kamu.

Lakukanlah proses backup agar nanti ketika terjadi sesuatu dengan perangkat smartphone, kamu bisa melakukan restorasi data secara mudah dan cepat.

2. Jaga Keamanan HP Dengan Baik

Hilangnya data log panggilan serta data lainnya terkadang disebabkan oleh kesalahan sendiri. Misalnya seperti mereset sistem pada HP dan sebagainya.

Maka dari itu, demi mencegah hilangnya data-data tertentu pada smartphone. Kamu perlu teliti sebelum bertindak. Pikirlah resiko jika kamu bermain-main dengan sistem. Apalagi jika misalnya masih pemula.

3. Teliti Sebelum Service

Hilangnya data log panggilan, bisa juga disebabkan oleh HP kamu yang sedang di service di service center atau tempat perbaikan HP lainnya.

Demi menjaga keamanan data, sebaiknya kamu meminta teknisi yang menangani perbaikan HP kamu untuk melakukan back up data sebelum dilakukan perbaikan.

Hal ini dilakukan demi mencegah hilangnya data kamu karena kesalahan yang dilakukan para teknisi ketika memperbaiki hp kamu yang rusak.

Penutup

Terlepas dari apa tujuan kamu ketika mencari artikel cara mengetahui riwayat panggilan telepon, yang jelas, untuk mengembalikan data-data log panggilan yang hilang umumnya membutuhkan data backup terlebih dahulu.

Tanpa adanya data backup, sebuah sistem secara umum tidak tahu akan melakukan pemulihan pada data yang mana ketika terjadi suatu kesalahan pada sistem.

Itulah penjelasan cara mengetahui riwayat panggilan telepon. Baik itu pada perangkat telepon, aplikasi whatsapp ataupun pada Iphone. Semoga bermanfaat.

Related posts